SAMBUTAN DIREKTUR

image

"Selamat Datang di Akademi Kebidanan St. Benedicta Pontianak..."

Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu dan anak pada khususnya dan kepada masyarakat pada umumnya tidak semata-mata menjadi tanggung jawab dari jajaran tenaga kesehatan yang ada, melainkan menjadi tanggung jawab masyarakat secara umum sebagai komponen penting dari setiap upaya perbaikan pelayanan kesehatan itu sendiri.

Terlepas dari itu semua, maka kedudukan tenaga bidan dianggap sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dewasa ini, tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang sekunder. Frekuensi pertemuan pasien dengan tenaga bidan penting sehingga membuat hal tersebut diatas menjadi penting. Oleh sebab itu, kualitas dari tenaga bidan yang ada sudah semestinya dapat mengakomodasikan semua tuntutan profesionalisme dari sebuah dinamika perkembangan masyarakat.

Berdasarkan data Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pusat hingga tahun 2010 dibutuhkan sekitar 141.872 tenaga bidan dengan kualifikasi Diploma III. Sementara itu untuk Kalimantan Barat sampai tahun 2010 dibutuhkan tenaga Bidan Diploma III sebanyak 3.300 orang (Dinas Kesehatan).

Sebagai lembaga yang bergerak di bidang pendidikan kesehatan merasa terpanggil untuk secara aktif berperan memberikan sumbangsih sesuai kemampuan dan kapasitas yang dimiliki. Penyelenggaraan Program Studi Diploma III Kebidanan Akademi Kebidanan St. Benedicta Pontianak merupakan langkah awal dari sebuah proses panjang dalam upaya memenuhi standard-standard profesionalisme kebidanan yang diperlukan.

Akhir kata, semoga keberadaan Akademi Kebidanan St. Benedicta Pontianak mampu menjawab tantangan-tantangan di bidang pelayanan kesehatan, khususnya kebidanan.

Pontianak, Maret 2019

(Direktur)